Jumat, 16 Maret 2012

Manusia & Kebudayaan


Manusia adalah makhluk hidup yang tercipta paling sempurnya yang memiliki akal dan pikiran dibandingkan dengan makhluk ciptaan Tuhan yang lainnya. Menurut saya, Budaya adalah suatu kebiasaan hidup manusia yang terus menerus dijalani sampai keturunannya ke generasi berikutnya. Setiap manusia yang membentuk suatu kelompok kecil di suatu tempat seperti suku awalnya dan lama-lama meluas memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Alam juga menjadi pengaruh budaya yang terbentuk di setiap daerah/tempat yang disinggahi kelompok manusia tersebut. Seperti halnya budaya Batak dan Jawa jelas berbeda karena daerahnya juga yang berbeda. Kesenian, pakaian adat, makanan khas daerah erat hubungannya karena itu adalah suatu ciri khas kebudayaan masing-masing daerah. Sehingga hubugan antara manusia dan kebudayaan sangat erat, secara sederhana adalah manusia sebagai perilaku kebudayaan dan kebudayaan merupakan obyek yang dilaksanakan manusia, dari sisi lain hubungan antara manusia dan kebudayaan ini dapat dipandang setara dengan hubungan antara manusia dan masyarakat di kehidupan sehari-hari.

Tetapi saya rasa budaya khas semakin lama akan semakin memudar dari masyarakat daerah, karena semakin berkembangnya zaman ke zaman yang lebih maju, semakin sedikit masyarakat yang memperdulikan untuk tetap melestarikan kebudayaan aslinya. Hanya sedikit moment tertentu yang masyarakat akan melakukan dengan kebudayaan asalnya. Contoh : saat pernikahan pasti masyarakan akan menikahkan anaknya sesuai dengan upacara kebudayaan aslinya. Tetapi di lain hal budaya asli ini kurang melekat dalam jiwa masyarakat karena bercampur dengan kebudayaan asing yang mulai merasuk kedalam pikiran masyarakat.

Kita ini bangsa indonesia, bangsa yang memiliki budaya beraneka ragam macamnya, kita harus melestarikan budaya asli kita dan jangan sampa budaya kita diakui oleh bangsa lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar